Sabtu, 10 April 2010

Administrasi Pengguna di Linux BlankOn

Untuk menggunakan BlankOn, dibutuhkan minimal 1 akun pengguna, untuk keperluan seperti kantor atau organisasi, pengaturan pengguna sangat bermanfaat, dimana setiap pengguna dapat diatur hak akses untuk setiap berkas yang disimpan.



Setiap pengguna di BlankOn, disediakan sebuah direktori "rumah" tempat menyimpan seluruh data pengguna. lokasi tempat penyimpanan terletak di :

/home/<nama-pengguna>

 Untuk melakukan pengaturan pengguna, buka jendela pengaturan pengguna melalui menu :

BlankOn => Pengaturan => Administrasi => Pemakai dan Kelompoknya

Jendela utama pengaturan pengguna akan muncul

Menu Pengaturan Pengguna

Dari jendela pengaturan pengguna, penglolaan pengguna dan kelompok dapat dilakukan di sini, misalnya untuk mengganti kata sandi, membuat pengguna baru, menglola kelompok pengguna atau menghapus pengguna.

Jendela Utama Pengaturan Pengguna
Untuk mengganti kata sandi pengguna, klik pada tombol "Change" pada baris "Kata Sandi", kemudian akan muncul jendela kata sandi, seperti pada gambar berikut :

Mengganti Kata Sandi

Untuk menambahkan pengguna baru, klik pada tombol "Add", kemudian akan muncul jendela membuat pengguna baru, isi pada kolom yang sudah disediakan, seperti pada gambar berikut :

Membuat Pengguna Baru

Untuk memudahkan pengaturan level akses setiap pengguna, dapat juga dibuat kelompok-kelompok pengguna, untuk mengelola, menambah dan menghapus kelompok pengguna, klik pada tombol "Kelola Kelompok" pada jendela utama pengaturan pengguna. Lalu muncul jendela pengaturan kelompok pengguna, seperti pada gambar di bawah ini :

Pengaturan Kelompok

Catatan :
Sebaiknya ganti kata sandi secara berkala, untuk mencegah penyalahgunaan pengguna pada sistem BlankOn yang dipasang pada komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar