Rabu, 10 Maret 2010

Pengaturan Lumbung Perangkat Lunak BlankOn

Salah satu kelebihan BlankOn adalah dukungan perangkat lunak yang bisa dibilang lengkap. Dukungan perangkat lunak tersebut dikumpulkan dalam sebuah tempat, yang biasa disebut dengan "Lumbung Perangkat Lunak", atau "Repository". Di dalam lumbung perangkat lunak BlankOn, terdapat puluhan ribu paket yang bisa dipasang ke komputer.


BlankOn membagi lumbung perangkat lunaknya ke dalam 4 kategori :

  • Main
  • Restricted
  • Extras
  • Extras-Restricted
Masing-masing kategori tersebut berisi perangkat lunak yang sudah dikelompokkan berdasarkan lisensi dan dukungan tim BlankOn.

Untuk melakukan pemasangan aplikasi, pustaka, atau perangkat lunak yang lain di BlankOn dapat menggunakan perkakas sistem "Synaptic". Di dalam Synaptic inilah kita dapat mengatur lumbung perangkat lunak yang akan kita gunakan.

Adapun pengaturan lumbung perangkat lunak di Synaptic adalah sebagai berikut :

1. Buka Synaptic melalui menu BlankOn => Synaptic Manajer Paket

Membuka Synaptic Manajer Paket

2. Untuk mengakses Synaptic Manajer Paket, dibutuhkan akses pengguna super, untuk itu pengguna akan akan ditanyakan kata sandi untuk mengakses Synaptic Manajer Paket. Setelah itu jendela Synaptic Manajer Paket akan muncul, seperti pada gambar berikut.

Synaptic Manajer Paket

3. Untuk melakukan pengaturan lumbung perangkat lunak, klik pada menu : Pengaturan => Repositori, maka akan muncul jendela seperti pada gambar berikut :

Pengaturan Lumbung Perangkat Lunak

4. Pengguna dapat mengaktifkan satu atau lebih kategori perangkat lunak yang ada pada lumbung perangkat lunak BlankOn, termasuk juga lumbung kode sumber perangkat lunak jika ingin mengunduh kode sumber perangkat lunak. Pengguna juga dapat memilih cermin lumbung perangkat lunak, daftar cermin dapat dilihat pada pilihan "Download From". Daftar cermin yang tersedia seperti pada gambar berikut :

Daftar Cermin Lumbung Perangkat Lunak BlankOn

5. Setelah selesai melakukan pengaturan lumbung perangkat lunak, jangan lupa untuk melakukan pembaruan dengan melakukan klik pada tombol "Muat Ulang", agar informasi daftar perangkat lunak pada lumbung perangkat lunak terbarui.

Memperbarui Daftar Lumbung Perangkat Lunak

 Setelah itu, pengguna dapat melakukan pemasangan perangkat lunak melalui Synaptic Manajer Paket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar